Cara Membedakan Active Voice dan Passive Voice dalam Bahasa Inggris

“Seorang warga ditemukan meninggal di kamarnya diduga karena minum minuman keras oplosan” begitu menurut reporter yang sedang menyiarkan berita hari ini.

Jika kamu cermati dengan baik GEngs, kalimat yang disampaikan oleh reporter tersebut termasuk ke dalam active voice (kalimat aktif) atau passive voice (kalimat pasif)? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya.

Tapi, sebelum kamu menulis jawaban alangkah baiknya memahami terlebih dahulu apa itu active voice dan passive voice. Sama halnya dengan Bahasa Indonesia yang memliki dua jenis kalimat yaitu kalimat aktif dan kalimat pasif.

Pertama kali kita mengenal kalimat aktif dan kalimat pasif di dalam Bahasa Indonesia itu ketika kita berada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Waktu itu cara membedakan kalimat aktif dan kalimat pasif di dalam Bahasa Indonesia relatif mudah, kita cukup fokus pada awal kata saja.

Kalimat aktif umumnya diawali kata kerja yang berawalan me-, contoh penggunaannya adalah kata memakan, meminum, menulis dan masih banyak contoh lainnya yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan kalimat pasif biasanya diawali dengan kata kerja yang berawalan di-, contohnya dimakan, ditakuti, ditulis dan masih banyak contoh lainnya. Ada catatan ketika menulis kalimat pasif yaitu ketika setelah kata di- itu adalah nama sebuah tempat, nama orang, waktu dan lokasi itu tidak bisa dikategorikan sebagai kalimat pasif.

Begitupun dalam Bahasa Inggris, terdapat perbedaan antara active voice dan passive voice Bagaimanakah perbedaannya? Ikutin terus pembahasannya sampai akhir ya!

Perbedaan active voice dan passive voice

Active voice

Active voice adalah suatu kalimat yang menempatkan orang yang melakukan tindakan sebagai objeknya. Sederhananya ialah subjeknya aktif melakukan tindakan atau kegiatan. Pada dasarnya definisi active voice dalam Bahasa Inggris sama saja dengan definisi yang ada dalam Bahasa Indonesia.

Kalimat active voice jika digunakan dalam percapakan Bahasa Inggris itu cenderung memiliki nada jelas sekaligus tegas. Rumus yang digunakan dalam membuat kalimat active voice adalah sebagai berikut:

Kalimat aktif positif: Subject + verb + object

Kalimat aktif negatif: Subject + don’t/doesn’t + verb + object

Kalimat pertanyaan: Do/does + subject + verb + object.

Contoh kalimat active voice

Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
I take my phone on the table Aku mengambil teleponku di atas meja
I don’t take my phone on the table Aku tidak mengambil teleponku di atas meja
Do you take my phone on the table? Apakah kamu mengambil teleponku di atas meja?

Baca Juga: 5 Jenis Angka dalam Bahasa Inggris yang wajib dipelajari!

Passive voice

Passive voice merupakan suatu kalimat yang menempatkan subjeknya dikenai atau dipengaruhi oleh kata keja. Artinya passive voice itu menjelaskan suatu hal yang subjeknya dipengaruhi oleh oleh perbuatan tertentu.

Passive voice umumnya digunakan untuk menceritakan suatu tindakan yang subjek atau pelakunya tidak diketahui. Untuk membuat sebuah kalimat pasif dibutuhkan rumus sebagai berikut:

Kalimat pasif positif: Subject + is/am/are + verb

Kalimat pasif negatif: Subject + is/am/are + not + verb

Kalimat pertanyaan: is/am/are/ + subject + verb

Contoh kalimat passive voice

Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
The book is put on the table by me Buku tersebut diletakan di atas meja oleh saya
The book is not put on the table by me Buku tersebut tidak diletakan di atas meja oleh saya
Are eight glasses of water drunk by you every day? Apakah delapan gelas air minum diminum oleh kamu setiap hari?

Mengubah active voice jadi passive voice dan sebaliknya

Kita sudah membahas tentang active voice maupun passive voice beserta rumus dan contoh kalimatnya. Bagian selanjutnya adalah apakah kalimat active voice bisa diubah menjadi passive voice atau sebaliknya? Jawabannya, bisa.

Ada sebuah syarat ketika kita ingin merubah kalimat active menjadi kalimat passive yaitu kalimatnya wajib mengandung objek, terus juga kata kerja dalam sebuah kalimat tersebut bukan dari keluarga “be” atau nonverbal.

Contoh kalimat

Active voice Passive voice  
I eat rice Rice is eaten by me
I do not eat rice Rice is not eaten by me
Do I eat rice? Is rice eaten by me?

Demikian GEngs pembahasan dari perbedaan active voice dan passive voice dalam Bahasa Inggris beserta rumus dan beberapa contoh kalimatnya. Supaya kamu bisa lebih memahami penggunaan active voice dan passive voice, kamu bisa gunakan dalam percakapan sehari-hari atau dengan membuat sebuah tulisan.

Kamu bisa meluangkan waktu satu jam dari 24 jam waktumu untuk terus menerus berlatih bagaiamana cara menggunakan kalimat active voice maupun passive voice dengan benar.

Apabila kamu membutuhkan teman untuk belajar, kamu bisa ikut kelas Global English, Pare. Di Global English kamu akan bertemu dengan teman yang sama-sama belajar, tutor yang berkualitas, berpengalaman dan juga menyenangkan.

Kamu tidak usah lagi takut ketika kamu melakukan kesalahan dalam belajar Bahasa Inggris karena lingkungan di Global English itu sangat mendukung untuk kamu bisa bertumbuh. Jadi, tunggu apalagi, ayok buruan gabung sekarang juga!

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Cara Mendaftar Teaching Clinic 20

  • Pada form pendaftaran, isi semua data yang diminta. lalu di akhir form klik tombol SUBMIT agar data kamu terkirim.
  • Kamu bisa meng-edit data yang sudah kamu isi sebelumnya. Dan jangan lupa klik tombol UPDATE
  • Kamu akan mendapatkan notifikasi email yang berisi data rangkuman form yang telah kamu isi. Cek juga folder spam jika email tidak ditemukan.
  • Jika terdapat permasalahan ketika melakukan pendaftaran, segera hubungi kami di nomor 0813 8145 7913 (Wa only).

Peserta wajib mengikuti syarat tambahan

  1. Follow Tiktok Global English / Instagram Global English (pilih salah satu)
  2. Follow Youtube Global English
  3. Review Google Business Global English
  4. Share ke 5 grup mengenai informasi pendaftaran Teaching Clinic 20
  5. Screenshoot dan upload syarat di atas di form yang disediakan.
Chat With Us