Seberapa Perlukah Belajar Grammar ?

Belajar Grammar

Pentinganya Belajar Grammar

Untuk menguasai bahasa Inggris perlu Belajar Grammar, mengerti penerapan grammar adalah keharusan.Bila Belajar Grammar diabaikan, hal ini akan menyulitkan pembelajar bahasa Inggris dalam menulis atau bahkan memahami bahasa inggris itu sendiri. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana sih belajar grammar itu ? yuk kita simak cara Belajar Grammar!!

Grammar itu adalah tata bahasa, dimana akan memberikan gambaran tata bahasa Inggris kepada pembelajar untuk sederhananya memahami jenis kata benda, sifat, kerja, dan kata keterangan. Misalkan:

Books = Buku-buku adalah kata benda (noun)

yellow = Kuning adalah kata sifat (adjective)

Buy = Membeli adalah kata kerja (Verb)

Sadly= Dengan sedih adalah kata bantu (Adverb)

Dengan memahami jenis kata seperti diatas akan memudahkan pembelajar untuk mengasah kemampuan komunikasinya dan mampu menyusun frasa/kalimat dengan benar, berikut contohnya penerapannya:

Buku kuning bukan book yellow tetapi yellow book.

Buku itu telah dijual bukan that book already sell tetapi the book has been sold.

Kami berjalan secara hati-hati bukan we walk be careful tetapi we walk carefully.

Oke, kita coba bahas sedikit lagi, bila tanpa mengetahui mana verb, mana adjective dan noun bisa membentuk frase/kalimat seperti diatas? saya rasa tidak, karena menyusun kalimat dengan benar seperti contoh diatas,butuh wawasan dasar mengenai jenis kata.

Sering kita temukan orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris mengesampingkan grammar saat belajar agar bisa bisa berbicara lancar. Apakah ini sudah benar atau memang begitu seharusnya?

Tentunya bakal ribet banget berkonsentrasi pada dua hal yang sama beratnya buat pemula, oke, begini penjelasannya:

Bila itu pelajar pemula yang sama sekali belum mengerti bahasa Inggris, maka kesalahan yang terdapat pada prakteknya masih dibiarkan dan diperbaiki pelan-pelan, contoh kasusnya begini:

Saat perkenalan, pemula akan kesulitan merangkai kalimat hingga yang terjadi adalah kesalahan grammar contohnya: I Susi, you can call I Sus.

Baca Juga : Mau Belajar Bahasa Inggris Sendiri di Rumah? Yuk, Cek Website Ini Biar Belajarmu Makin Seru!

Tentunya pembelajaran speaking selanjutnya akan dibarengi dengan pengenalan kata ganti (pronoun) supaya hal diatas tidak terjadi lagi, baik itu tentang penggunaan subject pronoun, object pronoun, possessive adjective, possessive pronoun atau reflexive pronoun. Bukan malah mengabaikannya.

Maka contoh kalimat perkenalan diatas dapat diperbaiki menjadi My name is Susi, you can call me Sus.